Translate

Rabu, 10 Maret 2010

PENGERTIAN KONSELING

Konseling merupakan suatu proses bekerja dengan orang banyak, dalam suatu hubungan yang bersifat pengembangan diri, dukungan terhadap krisis, psikoterapis, bimbingan atau pemecahan masalah.
Mappiare. 1984. “British Association of Counselling”, Bandung : Pustaka Bima.
Konseling adalah suatu proses interaksi antara dua orang individu, masing-masing disebut konselor dan klien.
Pepinsky. 1974. ”konseling antar individu”, Jakarta : BPK Gunung Mulia.
Konseling adalah proses pertolongan dimana seseorang dengan tulus dan tujuan jelas, memberi waktu, perhatian dan keahliannya, untuk membantu klien mempelajari keadaan dirinya, mengenali dan melakukan masalah terhadap keterbatasan yang diberikan lingkungan.
Prof. dr. Sulianti saroso. 2000. “ensiklopedia bebas”, jakarta : PT Gramedia.
Konseling mengindikasikan hubungan profesional antara konselor terlatih dengan klien, hubungan yang terbentuk biasanya bersifat individu ke individu, kadang juga melibatkan lebih dari satu orang suatu misal keluarga klien.
Latipun. 2001. “Division of Conseling Psychologi”, Jakarta : Bineka Cipta.

Counseling of based upon the free choice of the client and built upon confidentiality in the realitionship.
Frank A. Nugent. 1981. “Professional counseling An Overview ”, Belmont, California : Wadawort, inc. (Page 7)

Menurut Palmer dan McMahon (2000) yang dikutip oleh Mc leod (2004) konseling bukan hanya proses pembelajaran individu akan tetapi juga merupakan aktifitas sosial yang memiliki makna sosial. Orang sering kali menggunakan jasa konseling ketika berada di titik transisi, seperti dari anak menjadi orang dewasa, menikah ke perceraian, keinginan untuk berobat dan lain-lain. Konseling juga merupakan persetujuan kultural dalam artian cara untuk menumbuhkan kemampuan beradaptasi dengan institusi sosial.
Mc Leod G.S. (2000). Guidance in Today’s school. New York: John Willy & Sons. (halaman 15)
Menurut Pietrofesa, Leonard dan Hoose (1978) yang dikutip oleh Mappiare (2004) konseling merupakan suatu proses dengan adanya seseorang yang dipersiapkan secara profesional untuk membantu orang lain dalam pemahaman diri pembuatan keputusan dan pemecahan masalah dari hati kehati antar manusia dan hasilnya tergantung pada kualitas hubungan.
Mappiare. (2004). Group Counseling: A Development Approach. Boston : Ally And Bacon. (halaman 21)
Kesimpulan
Berdasarkan pengertian konseling yang diberikan para ahli di atas maka dapat disimpulkan bahwa konseling merupakan proses pemberian bantuan secara intensif dan sistematis dari seorang konselor kepada kliennya dalam rangka pemecahan suatu masalah agar klien mendapat pilihan yang baik. Disamping itu juga diharapakan agar klien dapat memahami dirinya (self understanding) dan mampu menerima kemampuan dirinya sendiri.

Tidak ada komentar: